Sunday, June 3, 2018

Ngabuburit Ala Santri

Assalamu'alaikum sahabat Fajar Blog dimanapun berada? apa kabar? Semoga Bulan Ramadhan ini Tambah meningkat imannya dan berkah berlimpah rezekinya, Aamiin

Kalau Bercerita tentang ngabuburit anak kecil, tua muda, laki perempuan, akan senang menjalankannya, fenomena ini sedang di gandrungi oleh semua kalangan.
Nah sahabat Fajar Blog kali ini saya megilustrasikan dalam sebuah cerita antara santri dan temannya, Yuk Di baca sampe selesai ya :)

"Ngabuburit Ala Santri"
.
Ada sebuah cerita disuatu tempat didesa yang berdekatan dengan linkungan santri. setelah lama menimba ilmu di pondok, saat libur tiba santri ini pulang lah ke rumah orang tuanya yang jaraknya tidak begitu jauh dari pondokannya.
.
Santri ini mempunyai teman sepermainannya yang tidak ikut nyantri, dan mereka sangat akrab, sudah sekian lama tidak bertemu, antri ini mengunjungi rumah temannya itu, mereka saling berpelukan dan menayakan kabar, Disaat asik dengan obrolan seputar kabar dan kegiatan. Temannya ini mau ngajak ngabuburit bareng, sambil cerita pengalaman masing".
.
Temannya : "Bro ngabuburit yuk, ke alun laun, disana ramai, banyak juga yang jualan takjil, dan bidadari dunia berseliweran :) yuk ???
.
Santri : "wah, asik nih, tapi ....?"
.
Temannya : Sudah lah bro kan, sudah lama kita tidak ngabuburit seperti ini lagi."
.
Santri : "Hmmmm, Gini Fren, dulu aku seneng ngabuburit di alun alun, kita habiskan waktu bercanda dan liat bidadari dunia yang berseliweran :) tau tau ssdh mau Berkumandang Azan kita pulang", tapi itu dulu fren." Nah Sekarang zaman sudah berubah, dan pandangan saya untuk ngabuburit pun juga berubah, seiring ilmu yang saya dapat di Pondok."
Yuk dulu antum yang sering ajak saya ngabuburit ke alun alun, sekarang gantian yah, saya mau ajak antum, ngabuburitnya kita gesser tempatnya," :)
.
Temannya : wah geser kemana nih, ada tempat baru ya?? (Penuh Harap)
.
Santri : Ya tempat baru fren :) tempatnya baru direnovasi dan sudah selesai, dapat menapung 300 jamaah :) gimana ??
.
Temannya : "hmmmm anak santri lupa saya, :) cara ngabuburtitnya beda.
.
Santri : "Fren kata pak ustadz "sebaik baik tempat itu di masjid, jangan sia-siakan waktiu kita pada hal hal yang tidak bermanfaat untuk dunia dan akherat." fren ketimbang nih kita duduk duduk bercanda di alun alun atau dimanapun," lebih baik yuk kita ke masjid yang didekat alun alun. Kita 'itikaf dimasjid sambil menunggu buka, dan kita perbanyak do'a menjelang berbuka,
Karena Hadist Rasulullah, memberitahukan tetntan keutamaannya do'a orang yang berpuasa.

“Ada tiga doa mustajab: doa orang yang berpuasa, doa orang yang dianiaya dan doa musafir.”

(HR. Al ‘Uqaili dan Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jaami’ no. 3030)
.
Dan jangan lupa Kata Pak Ustadz.
"hendaknya minimal 10 ~ 15 menit sebelum adzan maghrib (sudah dalam keadaan berwudhu) kemudian berdoa meminta apa saja

Manfaatkanlah waktumu sobat, bukan hanya demi santapan atau berburu makanan saat jelang buka.

Berdo'alah untuk diri kita, keluarga kita, orangtua kita, sahabat kita, negeri kita..
.
Temannya : "Wah gitu toh. Alhamdulillah jadi tau, dan aku bersyukur punya teman sahabat seperti mu bro :) " okehh kita ganti tempat ngabuburitnya yang lebih bermanfaat.
.
Kisah santri dan temannya semoga semoga menjadi inspirasi.
'Ngabuburit Ala Santri"
Kisah ini hanya fiksi, agar lebih nyata saya menggunakan kutipan dari Hadist dan guru ( Ustadz dan kyai ) . Poin dari kisah ini mengubah cara ngabuburit kita yang lebih bermanfaat.

"Anak Kangguru lompat sambil makan
 Yang dimakan buah stroberi
 Kalau ada ceria yang lain
 Kita akan bagikan disini" :)

Semoga bermafaat

sukses buat sahabat semua.

silahkan berkomentar yang baik ya :)

Share this

0 Comment to "Ngabuburit Ala Santri"

Post a Comment