Saturday, October 6, 2018

Manfaat Konsumsi Buah Pisang Untuk Kesehatan


Bismillah, Assalamu'alaikum sahabat baik Fajar Blog, apakabar? Semoga selalu  dalam keridhaan Allah 'Azzawajalla. Aamiin.

Alhamdulillah hari ini bisa menulis lagi :). Dalam kesempatan kali ini saya mau berbagi manfaat konsumsi buah pisang untuk kesehatan.

Sahabat baik, semenjak  bayi (masih ingat waktu kita bayi :) , oh sudah lupa :) mungkin yang lagi punya bayi yang usianya diatas 6 bulan, sering kita lihat Dede bayinya diberi makanan tambahan berupa buah pisang. Buah yang mudah didapat dan banyak manfaat.

Tidak hanya balita, orang dewasapun suka dengan buah pisang ini. Karena memang rasanya manis dan tekstur nya lembut pas lagi untuk dikunyah dari Dede bayi sampai orang tua. Juga penyajian nya mudah divariasikan dengan toping kesukaan anak-anak.
Pengolahannya juga mudah, dapat dimakan secara langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain.

Sahabat baik, pisang juga memiliki banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan. Misalnya saja nitrogen, fosfor, kalsium, mangan, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, zat besi, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Sahabat baik, saat yang baik untuk makan buah pisang sebelum makan besar atau nasi (ini menurut pernyataan dari praktisi kesehatan, yang pernah saya baca).

Sahabat baik, yuk disimak ada 10 manfaat buah pisang menurut Kementerian Kesehatan ini.

Yang Kesatu, Berat Badan Turun
Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak membuat kadar glukosa dalam tubuh naik. Oleh karenanya, pisang sangat tepat dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Lemak dalam pisang juga rendah sehingga cocok disantap bagi siapa saja yang peduli terhadap kerampingan tubuh.

Yang Kedua, Atasi Anemia
Pisang merupakan satu buah yang mengandung zat besi yang tinggi. Bagi orang yang kekurangan darah merah atau anemia, pisang sangat cocok dikonsumsi. Memakan pisang dapat mendorong pembentukan hemoglobin dan protein yang mengandung zat besi dengan lebih baik.

Yang Ketiga, Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin A, C, dan B6 yang ada dalam buah pisang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Infeksi yang kerap kali terjadi di dalam aktivitas sehari-hari bisa dicegah dan dilawan oleh pisang. Dengannya, tubuh akan senantiasa segar, tidak cepat lemas.

Yang Keempat, Memperlancar Metabolisme
Saat susah buang air besar, pisang dapat membantu memperlancar urusan pencernaan. Sisa-sisa pembuangan dalam proses metabolisme dapat berlangsung lancar dan tidak ada hambatan jika mengonsumsi pisang secara teratur. Dengan demikian, tidak perlu obat jika sedang susah buang air besar.

Yang Kelima, Sumber Karbohidrat dan Vitamin A
Dibanding buah-buahan lain, pisang mengandung vitamin dan serat yang lebih tinggi. Karbohidrat yang dikandung pisang tercatat dua kali lebih banyak dibanding apel. Vitamin A-nya pun lima kali lipat lebih banyak dibanding buah merah tersebut. Oleh karena itu, pisang membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Yang Keenam, Atasi Hipertensi
Bagi yang mempunyai gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi, pisang juga merupakan buah yang cocok dikonsumsi. Dengan berbagai nutrisinya, keseimbangan cairan dan elektrolit bisa tercapai dan membuat tekanan darah tetap stabil. Selain itu, serat dalam pisang juga mampu mengikat lemak dan mencegah pembentukan plak.

Yang Ketujuh, Lancarkan Aliran Oksigen Ke Otak
Satu nutrisi yang terkandung dalam pisang adalah potasium. Mineral tersebut berperan sebagai penjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah. Jika mengonsumsi pisang secara teratur, aliran oksigen ke otak dapat lebih lancar. Stroke akibat tekanan darah yang tinggi juga bisa dicegah lebih dini.

Yang Kedelapan, Kulit Lebih Kencang
Ingin kulit lebih kencang dan terawat? Pisang bisa jadi salah satu solusinya. Pisang yang dicampur madu bisa mengatasi kulit yang terlalu kering dan berjerawat. Caranya juga mudah. Tinggal hancurkan daging pisang yang telah matang lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit lalu bersihkan. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang.

Yang Kesembilan, Menyehatkan Tulang
Kandungan Mangan di dalam pisang tercatat cukup tinggi. Karenanya, pisang dapat menyehatkan tulang dengan lebih baik.

Yang Kesepuluh, Membuat Bahagia
Jika ingin merasa suasana hati lebih baik, maka konsumsilah pisang. Karena Buah pisang termasuk salah satu buah-buahan “food mood”. Istilah itu digunakan untuk bahan makanan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon tersebut membuat perasaan lebih senang.

Catatan dari saya, sahabat setelah tahu begitu banyak manfaat makan buah pisang, jadikan buah pisang, buah yang selalu ada.
Begitu banyak jenis pisang yang ada dikebun maupun  dipasarkan buah, belilah pisang yang bagus enak dan murah :), agar kebutuhan nutrisi keluarga tercukupi dan kesehatan keluarga terjaga.

Sumber : Tribun News.

Share this

0 Comment to "Manfaat Konsumsi Buah Pisang Untuk Kesehatan"

Post a Comment